Poster Rapor Mutu Pendidikan SD Negeri 479 Lengkong

Poster Rapor Mutu Pendidikan SD Negeri 479 Lengkong

LAPORAN RAPOR PENDIDIKAN SD NEGERI 479 LENGKONG TAHUN 2024 - Laporan ini berisi informasi tentang kondisi layanan di Satuan Pendidikan Anda yang diukur lewat beragam indikator yang terdapat di dalam Rapor Pendidikan.

- Bagaimana cara memaknai data Rapor Pendidikan? - Pelajari indikator yang diukur dan hasilnya yang disajikan pada tabel di bawah

- Pahami capaian Satuan Pendidikan Anda lewat tabel "Label Capaian" dan "Nilai Capaian" di setiap indikator

- Ketahui makna dari hasil capaian Anda dengan melihat kolom "Definisi Capaian"

- Ketahui gambaran hasil upaya perbaikan layanan yang sudah dilakukan dengan melihat kolom "Perubahan Nilai Capaian dari Tahun Lalu"

- Kenali posisi Satuan Pendidikan Anda di kab/kota/provinsi/nasional lewat kolom "Peringkat". Penjelasan lebih lanjut tentang peringkat dapat dilihat di https://guru.kemdikbud.go.id/artikel/763?rp - Untuk dapat lebih memahami hasil kinerja Satuan Pendidikan Anda, Anda juga dapat menggunakan data yang dikumpulkan secara mandiri atau menggunakan data pendukung lain yang relevan. Laporan diperbarui 24 Agu 2024 No Indikator

Label Capaian 2024 Nilai Capaian

2024 Definisi Capaian Perubahan Nilai Capaian dari Tahun Lalu  Nilai Capaian 2023 Peringkat di Kab/Kota Peringkat secara Nasional Sumber Data A.1 Kemampuan literasi

Persentase peserta didik berdasarkan kemampuan dalam memahami, menggunakan, merefleksi, dan mengevaluasi beragam jenis teks (teks informasional dan teks fiksi). Sedang (41,67% peserta didik sudah mencapai kompetensi minimum) 41,67@% - 70% peserta didik telah mencapai kompetensi minimum untuk literasi membaca namun perlu upaya mendorong lebih banyak peserta didik dalam mencapai kompetensi minimum. Naik 1,67 40% Peringkat menengah bawah (61-80%) Peringkat bawah (81-100%) Asesmen Nasional 2023   Proporsi peserta didik dengan kemampuan literasi di atas kompetensi minimum Di atas 0,00% Peserta didik mampu mengintegrasikan beberapa informasi lintas teks, mengevaluasi isi, kualitas, cara penulisan suatu teks, dan bersikap reflektif terhadap isi teks. Turun 3,33% 3,33%         Proporsi peserta didik dengan kemampuan literasi mencapai kompetensi minimum Mencapai 41,67% Peserta didik mampu membuat interpretasi dari informasi implisit yang ada dalam teks, mampu membuat simpulan dari hasil integrasi beberapa informasi dalam suatu teks. Naik 5,006,67%         Proporsi peserta didik dengan kemampuan literasi di bawah kompetensi minimum Di bawah 33,33% Peserta didik mampu menemukan dan mengambil informasi eksplisit yang ada dalam teks serta membuat interpretasi sederhana. Turun 23,34V,67%         Proporsi peserta didik dengan kemampuan literasi jauh di bawah kompetensi minimum Jauh di bawah 25,00% Peserta didik belum mampu menemukan dan mengambil informasi eksplisit yang ada dalam ataupun membuat interpretasi sederhana. Naik 21,67% 3,33%       A.1.1 Kompetensi membaca teks informasi

Nilai rerata peserta didik dalam memahami, menggunakan, merefleksi, dan mengevaluasi teks informasional (non-fiksi)   39,61   Turun 4,20 43,81 Peringkat bawah (81-100%) Peringkat bawah (81-100%) Asesmen Nasional 2023 A.1.2 Kompetensi membaca teks sastra

Nilai rerata peserta didik dalam memahami, menggunakan, merefleksi, dan mengevaluasi teks fiksi   46,1   Turun 1,83 47,93 Peringkat menengah bawah (61-80%) Peringkat menengah bawah (61-80%) Asesmen Nasional 2023 A.1.3 Kompetensi mengakses dan menemukan isi teks (L1)

Nilai rerata peserta didik pada kemampuan menemukan, mengidentifikasi, dan mendeskripsikan suatu ide atau informasi eksplisit dalam teks informasional (non-fiksi) dan sastra   43,6   Turun 8,30 51,9 Peringkat menengah bawah (61-80%) Peringkat menengah bawah (61-80%) Asesmen Nasional 2023 A.1.4 Kompetensi menginterpretasi dan memahami isi teks (L2)

Nilai rerata peserta didik pada kemampuan membandingkan dan mengontraskan ide atau informasi dalam atau antarteks, membuat kesimpulan, mengelompokkan, serta mengombinasikan ide dan informasi dalam teks atau antarteks informasional (non-fiksi) dan sastra   43,52   Turun 5,99 49,51 Peringkat menengah bawah (61-80%) Peringkat bawah (81-100%) Asesmen Nasional 2023 A.1.5 Kompetensi mengevaluasi dan merefleksikan isi teks (L3)

Nilai rerata peserta didik pada kemampuan menganalisis, memprediksi, dan menilai konten, bahasa, dan unsur-unsur dalam teks informasional (non-fiksi) dan sastra   37,54   Turun 5,51 43,05 Peringkat bawah (81-100%) Peringkat bawah (81-100%) Asesmen Nasional 2023 A.2 Kemampuan numerasi

Persentase peserta didik berdasarkan kemampuan dalam berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan. Sedang (50% peserta didik sudah mencapai kompetensi minimum) 50@% - 70% peserta didik telah mencapai kompetensi minimum untuk numerasi namun perlu upaya mendorong lebih banyak peserta didik dalam mencapai kompetensi minimum. Naik 6,67 43,33% Peringkat menengah bawah (61-80%) Peringkat menengah bawah (61-80%) Asesmen Nasional 2023   Proporsi peserta didik dengan kemampuan numerasi di atas kompetensi minimum Di atas 0,00% Peserta didik mampu bernalar untuk menyelesaikan masalah kompleks serta non-rutin berdasarkan konsep matematika yang dimilikinya. Tidak berubah 0,00%         Proporsi peserta didik dengan kemampuan numerasi mencapai kompetensi minimum Mencapai 50,00% Peserta didik mampu mengaplikasikan konsep matematik yang dimiliki dalam konteks yang lebih beragam. Naik 6,67C,33%         Proporsi peserta didik dengan kemampuan numerasi di bawah kompetensi minimum Di bawah 33,33% Peserta didik memiliki kemampuan dasar matematika: komputasi dasar dalam bentuk persamaan langsung, konsep dasar terkait geometri dan statistika, serta menyelesaikan masalah matematika sederhana yang rutin. Turun 13,34F,67%         Proporsi peserta didik dengan kemampuan numerasi jauh di bawah kompetensi minimum Jauh di bawah 16,67% Peserta didik hanya memiliki kemampuan dasar matematika yang terbatas: penguasaan konsep yang parsial dan keterampilan komputasi yang terbatas. Naik 6,67,00%       A.2.1 Kompetensi pada domain Bilangan

Nilai rerata peserta didik dalam berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika pada konten bilangan untuk menyelesaikan masalah sehari-hari   44,18   Naik 4,85 39,33 Peringkat menengah (41-60%) Peringkat menengah (41-60%) Asesmen Nasional 2023 A.2.2 Kompetensi pada domain Aljabar

Nilai rerata peserta didik dalam berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika pada konten aljabar untuk menyelesaikan masalah sehari-hari   32,47   Turun 4,92 37,39 Peringkat bawah (81-100%) Peringkat bawah (81-100%) Asesmen Nasional 2023 A.2.3 Kompetensi pada domain Geometri

Nilai rerata peserta didik dalam berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika pada konten geometri untuk menyelesaikan masalah sehari-hari   25,15   Turun 11,91 37,06 Peringkat bawah (81-100%) Peringkat bawah (81-100%) Asesmen Nasional 2023 A.2.4 Kompetensi pada domain Data dan Ketidakpastian

Nilai rerata peserta didik dalam berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika pada konten data dan ketidakpastian untuk menyelesaikan masalah sehari-hari   51,71   Naik 12,91 38,8 Peringkat menengah bawah (61-80%) Peringkat menengah bawah (61-80%) Asesmen Nasional 2023 A.2.5 Kompetensi mengetahui (L1)

Nilai rerata peserta didik pada kemampuan memahami fakta, proses, konsep, dan prosedur   33,32   Turun 10,87 44,19 Peringkat menengah bawah (61-80%) Peringkat menengah bawah (61-80%) Asesmen Nasional 2023 A.2.6 Kompetensi menerapkan (L2)

Nilai rerata peserta didik pada kemampuan menerapkan pengetahuan dan pemahaman tentang fakta-fakta, relasi, proses, konsep, prosedur, dan metode pada konten bilangan dengan konteks situasi nyata untuk menyelesaikan masalah atau menjawab pertanyaan.   32,72   Turun 4,25 36,97 Peringkat menengah bawah (61-80%) Peringkat bawah (81-100%) Asesmen Nasional 2023 A.2.7 Kompetensi menalar (L3)

Nilai rerata peserta didik pada kemampuan menganalisis data dan informasi, membuat kesimpulan, dan memperluas pemahaman dalam situasi baru, meliputi situasi yang tidak diketahui sebelumnya atau konteks yang lebih kompleks   48,27   Naik 11,59 36,68 Peringkat menengah atas (21-40%) Peringkat menengah atas (21-40%) Asesmen Nasional 2023 A.3 Karakter

Nilai rerata karakter peserta didik berdasarkan nilai akhlak pada manusia, akhlak pada alam, akhlak bernegara, gotong royong, kreativitias, nalar kritis, kebinekaan global dan kemandirian pada survei karakter Baik 52,8 Peserta didik terbiasa menerapkan nilai-nilai karakter pelajar pancasila yang berakhlak mulia, bergotong royong, mandiri, kreatif dan bernalar kritis serta berkebinekaan global dalam kehidupan sehari hari. Turun 1,65 54,45 Peringkat menengah bawah (61-80%) Peringkat menengah bawah (61-80%) Asesmen Nasional 2023 A.3.1 Beriman, Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia

Komposit nilai karakter peserta didik yang berkaitan akhlak kepada manusia, akhlak kepada alam, dan akhlak bernegara di survei karakter   54,6   Naik 1,22 53,38 Peringkat menengah bawah (61-80%) Peringkat menengah bawah (61-80%) Asesmen Nasional 2023 A.3.2 Gotong Royong

Komposit nilai karakter peserta didik berdasarkan kesediaan dan pengalaman berkontribusi dalam kegiatan yang bertujuan memperbaiki kondisi lingkungan fisik dan lingkungan sosial.   52,74   Turun 14,19 66,93 Peringkat menengah bawah (61-80%) Peringkat menengah bawah (61-80%) Asesmen Nasional 2023 A.3.3 Kreativitas

Komposit nilai karakter peserta didik berdasarkan nilai senang berpikir berbeda, menerapkan ide baru dalam memecahkan masalah, dan membuat karya-karya baru.   49,53   Turun 5,55 55,08 Peringkat bawah (81-100%) Peringkat bawah (81-100%) Asesmen Nasional 2023 A.3.4 Nalar Kritis

Komposit nilai karakter peserta didik berdasarkan nilai penelusuran informasi, analisis dan evaluasi informasi, serta refleksi etis dalam pengambilan keputusan.   51,08   Naik 0,74 50,34 Peringkat menengah bawah (61-80%) Peringkat menengah (41-60%) Asesmen Nasional 2023 A.3.5 Kebinekaan global

Komposit nilai karakter peserta didik berdasarkan sikap terhadap kesetaraan agama, budaya, dan gender; nilai minat terhadap budaya dari berbagai negara; dan kepedulian pada isu-isu global.   55,69   Naik 0,11 55,58 Peringkat menengah bawah (61-80%) Peringkat menengah bawah (61-80%) Asesmen Nasional 2023 A.3.6 Kemandirian

Komposit nilai karakter peserta didik berdasarkan nilai melakukan perencanaan secara reflektif, dan pengelolaan emosi dan pengendalian diri.   49,56   Naik 2,03 47,53 Peringkat menengah bawah (61-80%) Peringkat menengah bawah (61-80%) Asesmen Nasional 2023 D.1 Kualitas pembelajaran

Nilai rerata untuk kualitas pembelajaran meliputi manajemen kelas, dukungan psikologi, dan metode pembelajaran di survei lingkungan belajar Baik 61,66 Pembelajaran menunjukkan kualitas yang optimal ditunjukkan dengan suasana kelas yang kondusif, dukungan afektif dan aktivasi kognitif dari guru yang konstruktif. Turun 7,66 69,32 Peringkat menengah bawah (61-80%) Peringkat menengah (41-60%) Asesmen Nasional 2023 D.1.1 Manajemen kelas

Nilai rerata untuk keteraturan suasana kelas dan disiplin positif di survei lingkungan belajar   59,9   Turun 14,56 74,46 Peringkat bawah (81-100%) Peringkat menengah bawah (61-80%) Asesmen Nasional 2023 D.1.2 Dukungan psikologis

Nilai rerata untuk dukungan afektif, perhatian dan kepedulian guru, dan umpan balik konstruktif di survei lingkungan belajar   65,01   Turun 5,88 70,89 Peringkat menengah bawah (61-80%) Peringkat menengah (41-60%) Asesmen Nasional 2023 D.1.3 Metode pembelajaran

Nilai rerata untuk instruksi yang adaptif, panduan guru, aktivitas interaktif, pembelajaran literasi, pembelajaran numerasi, skor iklim pembelajaran terbuka di survei lingkungan belajar   60,07   Turun 2,55 62,62 Peringkat menengah (41-60%) Peringkat menengah atas (21-40%) Asesmen Nasional 2023 D.2 Refleksi dan perbaikan pembelajaran oleh guru

Nilai rerata terkait tingkat aktivitas refleksi dan perbaikan pembelajaran oleh guru berdasarkan survei lingkungan belajar Baik 60,42 Guru aktif meningkatkan kualitas pembelajaran setelah melakukan refleksi pembelajaran yang telah lewat, mengeksplorasi referensi pengajaran baru, dan berinovasi menghadirkan pembelajaran yang memantik keterlibatan peserta didik. Naik 5,32 55,1 Peringkat menengah (41-60%) Peringkat menengah (41-60%) Asesmen Nasional 2023 D.2.1 Belajar tentang pembelajaran

Nilai komposit dari kepala satuan pendidikan dan pendidik terkait aktivitas belajar yang bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mengajar.   69,89   Naik 18,48 51,41 Peringkat menengah atas (21-40%) Peringkat atas (1-20%) Asesmen Nasional 2023 D.2.2 Refleksi atas praktik mengajar

Nilai komposit kepala satuan pendidikan dan pendidik terkait tingkat refleksi dan perbaikan pembelajaran oleh guru atas praktik mengajar   56,07   Turun 0,31 56,38 Peringkat menengah bawah (61-80%) Peringkat bawah (81-100%) Asesmen Nasional 2023 D.2.3 Penerapan praktik inovatif

Nilai komposit kepala satuan pendidikan dan pendidik terkait praktik pengajaran guru yang inovatif untuk meningkatkan kualitas pengajaran   61,2   Naik 5,95 55,25 Peringkat menengah atas (21-40%) Peringkat menengah atas (21-40%) Asesmen Nasional 2023 D.3 Kepemimpinan instruksional

Nilai rerata terkait tingkat kepemimpinan instruksional satuan pendidikan yang mendukung perbaikan kualitas pembelajaran berdasarkan survei lingkungan belajar Baik 64,3 Kepemimpinan instruksional yang visioner dengan mengacu pada visi-misi satuan pendidikan secara konsisten termasuk mengkomunikasikan visi-misi kepada warga satuan pendidikan sehingga perencanaan, praktik dan asesmen pembelajaran berorientasi peningkatan hasil belajar Peserta didik melalui dukungan program, sistem insentif atau sumber daya yang memadai yang berdampak pada membudayanya guru melakukan refleksi dan perbaikan pembelajaran. Naik 14,72 49,58 Peringkat menengah atas (21-40%) Peringkat menengah atas (21-40%) Asesmen Nasional 2023 D.3.1 Visi-misi satuan pendidikan

Nilai komposit kepala satuan pendidikan dan pendidik terkait penyampaian dan penerapan visi-misi satuan pendidikan yang berpusat pada perbaikan pembelajaran.   69,64   Naik 26,49 43,15 Peringkat atas (1-20%) Peringkat atas (1-20%) Asesmen Nasional 2023 D.3.2 Pengelolaan kurikulum satuan pendidikan

Nilai komposit kepala satuan pendidikan dan pendidik terkait pengelolaan pengembangan kurikulum satuan pendidikan dengan berorientasi pada peningkatan hasil belajar peserta didik.   59,78   Naik 10,10 49,68 Peringkat menengah (41-60%) Peringkat menengah (41-60%) Asesmen Nasional 2023 D.3.3 Dukungan untuk refleksi guru

Nilai komposit kepala satuan pendidikan dan pendidik terkait program, sistem insentif, dan sumber daya yang mendukung refleksi guru dan perbaikan pembelajaran.   63,46   Naik 7,53 55,93 Peringkat menengah (41-60%) Peringkat menengah (41-60%) Asesmen Nasional 2023 D.4 Iklim keamanan satuan pendidikan

Nilai komposit nilai indeks rasa aman, perundungan, hukuman fisik, kekerasan seksual, rokok, minuman keras, dan narkoba berdasarkan survei lingkungan belajar Baik 69,22 Satuan pendidikan memiliki lingkungan satuan pendidikan yang aman, terlihat dari kesejahteraan psikologis yang baik dan rendahnya kasus perundungan, hukuman fisik, kekerasan seksual, dan penyalahgunaan narkoba. Satuan pendidikan dapat mempertahankan kualitas warga satuan pendidikan dalam mencegah dan menangani kasus untuk menciptakan iklim keamanan di lingkungan satuan pendidikan. Naik 1,28 67,94 Peringkat menengah bawah (61-80%) Peringkat menengah (41-60%) Asesmen Nasional 2023 D.4.1 Kesejahteraan psikologis (wellbeing) peserta didik

Nilai rerata terkait peserta didik terhadap kesejahteraan psikologis dan perasaan aman yang dirasakan di satuan pendidikan   64,1   Turun 2,79 66,89 Peringkat menengah (41-60%) Peringkat menengah (41-60%) Asesmen Nasional 2023 D.4.2 Kesejahteraan psikologis (wellbeing) guru

Nilai rerata terkait kesejahteraan psikologis guru yang melingkupi perasaan terhubung dan perasaan senang mengajar di satuan pendidikan   79,68   Naik 5,18 74,5 Peringkat menengah (41-60%) Peringkat menengah atas (21-40%) Asesmen Nasional 2023 D.4.3 Pemahaman dan sikap terhadap perundungan

Nilai rerata terkait pemahaman dan sikap guru terhadap segala bentuk penindasan atau kekerasan yang dilakukan secara sengaja oleh satu/sekelompok orang yang lebih "kuat" di satuan pendidikan.   53,59   Turun 3,90 57,49 Peringkat bawah (81-100%) Peringkat bawah (81-100%) Asesmen Nasional 2023 D.4.4 Pengalaman perundungan peserta didik

Persentase peserta didik yang aman terhadap perundungan/bullying dari guru atau sesama peserta didik di satuan pendidikan.   77,53   Naik 42,53 35 Peringkat menengah bawah (61-80%) Peringkat menengah (41-60%) Asesmen Nasional 2023 D.4.5 Pemahaman dan sikap terhadap hukuman fisik

Nilai komposit dari kepala satuan pendidikan, pendidik, dan peserta didik terkait pengetahuan dan sikap guru untuk menghindari hukuman fisik di satuan pendidikan.   67,3   Turun 14,69 81,99 Peringkat bawah (81-100%) Peringkat bawah (81-100%) Asesmen Nasional 2023 D.4.6 Pengalaman hukuman fisik peserta didik

Persentase peserta didik yang aman terhadap kejadian hukuman fisik yang diterima oleh peserta didik di satuan pendidikan.   80,74   Naik 30,74 50 Peringkat menengah bawah (61-80%) Peringkat menengah (41-60%) Asesmen Nasional 2023 D.4.7 Pemahaman dan sikap guru tentang kekerasan seksual

Nilai rerata terkait pengetahuan dan keyakinan guru untuk mengatasi kekerasan seksual di satuan pendidikan.   62,26   Naik 2,69 59,57 Peringkat menengah (41-60%) Peringkat menengah bawah (61-80%) Asesmen Nasional 2023 D.4.8 Pengalaman kekerasan seksual peserta didik

Persentase peserta didik yang aman terhadap kejadian kekerasan seksual yang dialami oleh diri sendiri ataupun orang lain di lingkungan satuan pendidikan.   60,4   Turun 9,60 70 Peringkat menengah bawah (61-80%) Peringkat menengah bawah (61-80%) Asesmen Nasional 2023 D.4.9 Pemahaman dan sikap guru tentang rokok, minuman keras, dan narkoba

Nilai komposit dari kepala satuan pendidikan dan pendidik terkait pengetahuan dan sikap terhadap pencegahan dan penanggulangan penyalahgunaan narkoba, rokok, dan minuman keras di lingkungan satuan pendidikan.   62,56   Turun 12,54 75,1 Peringkat menengah bawah (61-80%) Peringkat menengah bawah (61-80%) Asesmen Nasional 2023 D.4.10 Pengalaman peserta didik terkait rokok, minuman keras, dan narkoba

Persentase peserta didik yang aman terhadap rokok, minuman keras, dan narkoba di satuan pendidikan, misalnya dibujuk untuk mencoba, menggunakan, membeli atau mengedarkan   67,42   Naik 2,42 65 Peringkat menengah bawah (61-80%) Peringkat menengah (41-60%) Asesmen Nasional 2023 D.6 Iklim Kesetaraan Gender

Nilai rerata iklim kesetaran gender yang mengukur dukungan atas kesetaraan gender guru dan pimpinan satuan pendidikan berdasarkan survei lingkungan belajar Sedang 66,69 Satuan pendidikan mendukung kesetaraan hak-hak sipil antar kelompok gender. Dukungan tersebut seringkali didasari oleh alasan pragmatis dan cenderung bersifat pasif. Turun 8,42 75,11 Peringkat menengah bawah (61-80%) Peringkat menengah bawah (61-80%) Asesmen Nasional 2023 D.6.1 Pemahaman dan sikap warga satuan pendidikan terhadap kesetaraan gender

Nilai rerata terkait pemahaman dan dukungan terhadap kesetaraan antara laki-laki dan perempuan, misalnya dalam hal kemampuan, kesempatan, pemenuhan hak, dan kewajiban.   56,13   Turun 1,28 57,41 Peringkat menengah bawah (61-80%) Peringkat menengah (41-60%) Asesmen Nasional 2023 D.6.2 Perilaku warga satuan pendidikan terhadap kesetaraan gender

Nilai rerata terkait tindakan yang mendukung kesetaraan kemampuan, pemenuhan hak dan kewajiban antara laki-laki dan perempuan.   86,65   Naik 2,00 84,65 Peringkat menengah bawah (61-80%) Peringkat menengah bawah (61-80%) Asesmen Nasional 2023 D.8 Iklim Kebinekaan

Nilai rerata iklim kebhinekaan di satuan pendidikan berdasarkan survei lingkungan belajar Baik 70 Satuan pendidikan sudah mampu menghadirkan suasana proses pembelajaran yang menjunjung tinggi toleransi agama/kepercayaan dan budaya; mendapatkan pengalaman belajar yang berkualitas; mendukung kesetaraan agama/kepercayaan, dan budaya; serta memperkuat nasionalisme. Naik 2,84 67,16 Peringkat menengah bawah (61-80%) Peringkat menengah bawah (61-80%) Asesmen Nasional 2023 D.8.1 Toleransi agama dan budaya

Nilai rerata terkait toleransi agama dan budaya di satuan pendidikan   59,91   Naik 2,79 57,12 Peringkat bawah (81-100%) Peringkat bawah (81-100%) Asesmen Nasional 2023 D.8.2 Komitmen kebangsaan

Nilai komposit dari kepala satuan pendidikan dan pendidik terkait komitmen kebangsaan pimpinan satuan pendidikan dan guru   92,07   Naik 5,21 86,86 Peringkat menengah (41-60%) Peringkat menengah (41-60%) Asesmen Nasional 2023 D.8.3 Toleransi dan kesetaraan peserta didik

Nilai rerata terkait sikap menerima dan menghargai keragaman agama dan budaya di satuan pendidikan   58,01   Naik 0,50 57,51 Peringkat menengah bawah (61-80%) Peringkat menengah (41-60%) Asesmen Nasional 2023 D.10 Iklim Inklusivitas

Nilai rerata terkait layanan disabilitas, CBI, sikap terhadap disabilitas, dan fasilitas satuan pendidikan disabilitas di satuan pendidikan berdasarkan survei lingkungan belajar Kurang 47,97 Satuan pendidikan belum mampu menghadirkan suasana proses pembelajaran yang menyediakan layanan yang ramah bagi peserta didik dengan disabilitas dan cerdas berbakat istimewa. Turun 7,86 55,83 Peringkat bawah (81-100%) Peringkat bawah (81-100%) Asesmen Nasional 2023 D.10.1 Layanan disabilitas

Nilai rerata terkait layanan satuan pendidikan yang melingkupi pengetahuan dan sikap tentang peserta didik dengan disabilitas   65,44   Naik 6,93 58,51 Peringkat menengah atas (21-40%) Peringkat menengah (41-60%) Asesmen Nasional 2023 D.10.2 Layanan satuan pendidikan untuk peserta didik cerdas dan bakat istimewa

Nilai rerata terkait layanan satuan pendidikan yang melingkupi pengetahuan dan sikap tentang peserta didik cerdas dan berbakat istimewa   53,14   Naik 9,83 43,31 Peringkat menengah atas (21-40%) Peringkat menengah atas (21-40%) Asesmen Nasional 2023 D.10.3 Sikap terhadap disabilitas

Nilai rerata terkait sikap guru terhadap disabilitas berdasarkan aspek afektif, kognitif, dan perilaku   46,71   Turun 9,66 56,37 Peringkat bawah (81-100%) Peringkat bawah (81-100%) Asesmen Nasional 2023 E.1 Partisipasi warga satuan pendidikan

Nilai rerata terkait partisipasi orang tua dan partisipasi peserta didik dalam pengelolaan satuan pendidikan berdasarkan survei lingkungan belajar Sedang 67,02 Satuan pendidikan melibatkan orang tua dan peserta didikdalam beberapa kegiatan di satuan pendidikan khususnya berupa kegiatan akademik dan atau non-akademik. Turun 0,85 67,87 Peringkat menengah bawah (61-80%) Peringkat bawah (81-100%) Asesmen Nasional 2023 E.1.1 Partisipasi orang tua

Nilai komposit dari kepala satuan pendidikan, pendidik, dan peserta didik terkait tingkat keterlibatan orang tua dalam proses perencanaan, pengembangan, dan pelaksanaan aktivitas di satuan pendidikan   62,78   Turun 0,51 63,29 Peringkat bawah (81-100%) Peringkat bawah (81-100%) Asesmen Nasional 2023 E.1.2 Partisipasi peserta didik

Nilai komposit dari kepala satuan pendidikan, pendidik, dan peserta didik terkait tingkat keterlibatan peserta didik dalam proses perencanaan, pengembangan, dan pelaksanaan aktivitas di satuan pendidikan   71,26   Turun 1,19 72,45 Peringkat menengah (41-60%) Peringkat menengah (41-60%) Asesmen Nasional 2023 E.2 Proporsi pemanfaatan sumber daya sekolah untuk peningkatan mutu

Persentase dari pembelanjaan sekolah untuk peningkatan mutu pendidikan dan kualitas guru dan tenaga kependidikan dibagi total belanja sekolah dalam satu tahun anggaran BOS Kurang 13,36 Satuan pendidikan memiliki proporsi pemanfaatan sumber daya sekolah untuk peningkatan mutu yang rendah Naik 0,65 12,71 Peringkat bawah (81-100%) Peringkat bawah (81-100%) Sumber Daya Sekolah (SIPLah dan ARKAS) E.2.1 Proporsi pembelanjaan peningkatan mutu guru dan tenaga kependidikan

Persentase dari pembelanjaan sekolah untuk peningkatan kualitas guru dan tenaga kependidikan dibagi total belanja sekolah dalam satu tahun anggaran BOS Sedang 8,44 Satuan pendidikan telah memiliki proporsi pembelanjaan peningkatan mutu guru dan tenaga kependidikan yang cukup Naik 0,17 8,27 Peringkat atas (1-20%) Peringkat atas (1-20%) Sumber Daya Sekolah (SIPLah dan ARKAS) E.2.2 Proporsi pembelanjaan non personil mutu pembelajaran

Persentase dari pembelanjaan sekolah untuk peningkatan mutu pendidikan dibagi total belanja sekolah dalam satu tahun anggaran BOS Kurang 4,92 Satuan pendidikan memiliki proporsi pembelanjaan non-personil mutu pembelajaran yang rendah Naik 0,48 4,44 Peringkat bawah (81-100%) Peringkat bawah (81-100%) Sumber Daya Sekolah (SIPLah dan ARKAS) E.3 Pemanfaatan TIK untuk pengelolaan anggaran

Rata-rata dari proporsi pembelanjaan sekolah melalui platform SIPLah dan indeks ketepatan waktu dan kelengkapan pelaporan dana BOS pada setiap tahapan melalui platform SDS Sedang 50 Satuan pendidikan memiliki proporsi pembelanjaan dana BOS secara daring yang cukup Turun 1,72 51,72 Peringkat menengah bawah (61-80%) Peringkat menengah bawah (61-80%) Sumber Daya Sekolah (SIPLah dan ARKAS) E.3.1 Proporsi pembelanjaan dana BOS secara daring

Persentase dari pembelanjaan sekolah melalui platform SIPLah dibagi total belanja sekolah dalam satu tahun anggaran BOS Kurang 0 Satuan pendidikan memiliki proporsi pembelanjaan dana BOS secara daring yang rendah Turun 3,44 3,44 Peringkat bawah (81-100%) Peringkat bawah (81-100%) Sumber Daya Sekolah (SIPLah dan ARKAS) E.3.2 Indeks penggunaan platform SDS sumberdaya sekolah - ketepatan waktu dan kelengkapan pelaporan

Persentase dari ketepatan waktu dan kelengkapan pelaporan dana BOS pada setiap tahapan melalui platform SDS Baik 100 Jumlah satuan pendidikan yang membuat laporan tepat waktu di platform SDS tinggi Tidak berubah 100 Peringkat menengah atas (21-40%) Peringkat menengah atas (21-40%) Sumber Daya Sekolah (SIPLah dan ARKAS) E.5 Program dan kebijakan satuan pendidikan

Nilai rerata terkait seluruh program dan kebijakan satuan pendidikan untuk mencegah dan menanggulangi perundungan, hukuman fisik, kekerasan seksual, penyalahgunaan narkoba, kesetaraan gender, dan intoleransi berdasarkan survei lingkungan belajar Baik 61,68 Satuan pendidikan melibatkan orang tua dan peserta didik dalam beberapa kegiatan di satuan pendidikan khususnya berupa kegiatan akademik dan atau non-akademik. Turun 20,42 82,1 Peringkat menengah bawah (61-80%) Peringkat bawah (81-100%) Asesmen Nasional 2023 E.5.1 Program dan kebijakan satuan pendidikan tentang perundungan

Nilai komposit dari kepala satuan pendidikan, pendidik, dan peserta didik terkait program dan kebijakan satuan pendidikan untuk mencegah dan menangani perundungan di satuan pendidikan.   65,61   Turun 33,08 98,69 Peringkat menengah (41-60%) Peringkat menengah (41-60%) Asesmen Nasional 2023 E.5.2 Program dan kebijakan satuan pendidikan tentang hukuman fisik

Nilai komposit dari kepala satuan pendidikan, pendidik, dan peserta didik terkait program dan kebijakan satuan pendidikan untuk mencegah dan menangani hukuman fisik di satuan pendidikan.   59,51   Turun 12,64 72,15 Peringkat bawah (81-100%) Peringkat bawah (81-100%) Asesmen Nasional 2023 E.5.3 Program dan kebijakan satuan pendidikan tentang kekerasan seksual

Nilai komposit dari kepala satuan pendidikan, pendidik, dan peserta didik terkait Program dan kebijakan satuan pendidikan untuk mencegah dan menangani kasus kekerasan seksual di satuan pendidikan.   55,39   Turun 37,63 93,02 Peringkat menengah bawah (61-80%) Peringkat menengah bawah (61-80%) Asesmen Nasional 2023 E.5.4 Program dan kebijakan satuan pendidikan tentang rokok, minuman keras, dan narkoba

Nilai komposit dari kepala satuan pendidikan, pendidik, dan peserta didik terkait program dan kebijakan satuan pendidikan untuk mencegah dan menangani aktivitas atau kasus narkoba di satuan pendidikan.   66,01   Turun 6,06 72,07 Peringkat menengah bawah (61-80%) Peringkat menengah bawah (61-80%) Asesmen Nasional 2023 E.5.5 Program dan Kebijakan mengenai kesetaraan gender

Nilai rerata terkait program dan kebijakan satuan pendidikan yang mendukung kesetaraan antara laki-laki dan perempuan, misalnya dalam hal kemampuan, kesempatan, pemenuhan hak, dan kewajiban.   64,97   Naik 0,53 64,44 Peringkat menengah (41-60%) Peringkat menengah (41-60%) Asesmen Nasional 2023 E.5.6 Program dan kebijakan mengenai penanggulangan dan pencegahan intoleransi di satuan pendidikan

Nilai komposit dari kepala satuan pendidikan, pendidik, dan peserta didik terkait program dan kebijakan satuan pendidikan yang bertujuan mencegah dan menangani kasus-kasus intoleransi di satuan pendidikan.   58,59   Turun 33,65 92,24 Peringkat bawah (81-100%) Peringkat bawah (81-100%) Asesmen Nasional 2023